Jumat, 11 Desember 2009

KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP

1. Keanekaragaman makhluk hidup di antara-nya disebabkan oleh.....
A. kehendak makhluknya sendiri
B. pengaruh lingkungan dalam waktu tertentu
C. perbedaan para ahli bioiogi
D. pengaruh manusia untuk menganeka ragamkan makhluk
2. Hasil pengamalan siswa pada suatu kelas:

Kesimpulan dari kegiatan itu adalah.....
A. adanya variasi yaitu perbedaan populasi manusia
B. adanya variasi yaitu perbedaan antara makhluk hidup
C. adanya variasi yaitu perbedaan yang terdapat pada individu dalam satu spesies
D. adanya variasi yaitu persamaan dan perbedaan pada satu spesies dengan spesies lainnya
3. Satu jenis makhluk hidup termasuk pada.....
A. Spesies C. Individu
B. Populasi D. Kelompok
4. Sekelompok individu dari species yang sama pada suatu habitat tertentu, termasuk pada ….
A. individu C. species
B. kelompok D. populasi
5. Dari pernyataan berikut yang tidak tepat adalah .....
A. Lingkungan memiliki peranan dalam penganekaragaman makhluk hidup
B. Makhluk hidup akan tetap hidup tanpa menyesuaikan dengan lingkungannya
C. Keanekaragaman makhluk hidup terjadi karena adanya perbedaan cara menyesuai-kan dirinya dengan lingkungan
D. Tanpa adanya kemampuan penyesuaian diri dengan lingkungannya makhluk hidup akan punah
6. Perubahan yang terjadi pada makhluk hidup secara perlahan dalam waktu yang sangat lama disebut.....
A. Evolusi C. Variasi
B. Adaptasi D. Revolusi
7. Akibat dari evolusi adalah adanya.....
A. Variasi makhluk hidup
B. Keanekaragaman makhluk hidup
C. Kescragarnan makhluk hidup
D. Pengklasil'ikasian makhluk hidup
8. Contoh evolusi yang pernah terjadi di antaranya ….
A. Kuda, Semut, Burung Elang dan Finch .-
B. Kambing, Komodo, Burung Elang dan Finch
C. Kuda Komodo dan Burung Finch
D. Kerbau, Ayam dan Kucing
9. Selama dalam evolusinya makhluk mem-pertahankan kehidupanya sehingga makhluk hidup yang dapat bertahan hidup yang mampu melakukan ......
A. Adaptasi C. Revolusi
B. Reprocluksi D. Variasi
10. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya itu disebut ….
A. Adaptasi C. Vanasi
B. Reproduksi D. Evolusi

11. Beberapa keauaan makhluk hidup:
1. Kuda yang sekarang pada mulanya bertubuh kecil dan kaki depannya berjari empat.
2. Alat gerak belakang manusia, katak, belal£ing berasal dari asal yang sama
3. Alat gerak depan manusia, katak, dan belalang , merupakan organ homolog
4. Monera merupakan tumbuhan bersel satu yang berasal dari yang tidak berinti sel tetapi memiliki plastida
5. Monera berasal dari sel yang berasal dari perombakan rekayasa genetika
Maka yang mcnjadi bukti penyesuaian makhluk hidup masa bmpau dengan masa sekarang akibat pengaruh lingkungan dalam waktu yang lama adalah ....
A. 1-2-3 C. 1-3-4
B. 1-2-4 D. 2-5-1
12. Perhatikan gambar macam-macam bentuk kaki kuda!

Berdasarkan gambar itu, tata urutan proses perubahan kaki kuda dari masa lampau mnjadi yang sekarang adalah....
A. I – II – III - IV C. III – II – I – IV
B. I – III – II – IV D. III – IV – I - II
13. Di Indonesia memiliki hewan purba yang mengalami perubahan yaitu ....
A. Burung C. Komodo
B. Gajah D. Ikan paus
14. Tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah ….
A. supaya setiap makhluk mempunyai nama
B. menentukan jenis makhluk yang berguna.
C. mempermudah pengenalan makhluk
D. menentukan lingkungan tempat hidupnya

15. Klasifikasi makhluk hidup dapat didasarkan pada ….
A. Adanya keseragaman ciri
B. Adanya persamaan dan perbedaan ciri
C. Adanya ciri-ciri tertentu yang sama di miliki
D. Adanya sifat dan kemauan yang melakukan klasifikasi
16. Para ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup didasarkan pada persamaan ….
A. Fisiologi, faal, reproduksi, struktur tubuh atau morfologi
B. Fisiologi, faal, reproduksi dan adaptasi
C. Fisiologi, faal, evolusi dan adaptasi
D. Fisiologi, morfologi, evolusi dan adaptasi
17. Selain cara ilmuwan, klasifikasi dapat didasarkan pada persamaan ….
A. Tempat hidup dan kegunaannya
B. Bentuk dan ukuran tubuh
C. Ukuran tubuh dan warna kulit tubuh
D. Bentuk dan warna kulit tubuh
18. Berikut ini ini tabel pengamatan terhadap belalang dan kupu-kupu yang dilakukan siswa kelas I:
Bagian yang diamati Belalang Kupu-kupu
Badan 3 bagian 3 bagian
Kaki 3 pasang 3 pasang
Jumlah sayap 2 pasang 2 pasang
Keadaan sayap Lurus Bersisik
Berdasarkan data pada tabel itu maka berikut ini yang tidak termasuk pada kesimpulan dari pengamatan siswa tersebut ….
A. Belalang dan kupu-kupu memiliki persamaan sehingga keduanya termasuk serangga (insekta)
B. Belalang dan kupu-kupu sama memiliki kaki enam (hexapoda)
C. Belalng dan kupu-kupu sama memiliki mulut untuk menghisap madu
D. Belalang dan kupu-kupu memiliki perbedaan keadaan sayap sehingga dari sayap keduanya berbeda kelompok
19. Amati hewan berikut ini :
(1) Udang (5) Kupu-kupu
(2) Belalang (6) Kutu
(3) Cacing (7) Siput
(4) Bekicot
Maka hewan yang memiliki persamaan dengan semut adalah ….
a. (1)-(2)-(3)-(4) C. (3)-(4)-(6)-(7)
b. (1)-(2)-(5)-(6) D. (3)-(4)-(7)


20. Manakah pertanyaan yang benar?
A. Makin dekat kekerabatannya, maka makin banyak persamaannya
B. Makin dekat persamaan cirinya, maka makin sedikit kekerabatannya
C. Makin jauh kekerabatannya, maka makin banak persamaannya
D. Makin jauh persamaan cirinya, maka makin banyak kekerabatannya
21. Berikut ini beberapa kcsimpulan dari pongamatan terhadap kacang tanah dan jagung
I Kacang tanah dan jagung termasuk kelornpok tumbuhan biji
II. Kacang tanah dan jagung termasuk monokotil
III. Kacang tanah dan jagung memiliki perbedaan IV.Kacang tanah termasuk tumbuhan biji belah dan jagung termasuk tumbuhan biji tunggal, karena adanya perbedaan keping lembaga
Sehingga kesimpulan yang tepat adalah .....
A. I - II - III C. II -Ill -IV
B. I - III - IV D. IV - I - II
22. Pengklasifikasian tumbuhan air tawar, tumbuhan laut dan tumbuhan gurun. didasarkan atas.....
A. bentuk
B. ukurannya
C. manfaatnya
D.tempat hidupnya
23. Yang dipandang sebagai bapak klasifikasi adalah.....
A. Charles Darwin C. Lamarck
B. Cornlus Linnaeus D. Arisioieles
24. Girolus Linnaeus membagi makhluk ke dalam dua kelompok besar, yaiiu .....
A. divisio dan filum
B. klas dan filum
C. kingdom dan divisio
D. animalia dan plantarum
25. Cara Corolus Linnaeus mengklasifikasikan makhluk hidup di dasarkan pada .....
A. persamaan struktur tubuh
B. persamaan dan perbedaan tubuh
C. persamaan dan perbedaan slruklur tubuh
D. persamaan dan perbedaan ukuran tubuh
26. Dua ekor Inirung dikatakan sain spesies apabila keduanya .....
A. besar tubuhnya sama
B. warna bulunya sama
C. jenis makanannya sama
D. dapat menghasilkan keturunan apabila mengadakan perkawinan
27. Dalam sistematika nama spesies ditulis dengan dua suku kata, misalnya Oryza, sativa, Oryza menunjukkan.....
A. kelas B. genus C. ordo D. famili
28. Penulisan yang benar untuk nama ilmiah dari kentang adalah.....
A. Solanum Tuberosum
B. Solanum tuberosum
C. solanum Tuberosum
D. solanum tubersum
29. Cara penulisan nama ilmiah harimau yang benar adalah .....
A. Felis tigris C. felis tigris
B. Felis Tigris D. felis Tigris
30. Homo sapiens adalah nama ilmiah dari .....
A. Animalia C. Dunia hewan
B. Dunia tumbuhan D. Manusia
31. Zea mays adalah nama ilmiah dari.....
A. Padi C. Kopi
B. Jagung D. Kacang
32. Felis domesticus adalah nama ilmiah dari .....
A. Singa C. Macau tutul
B. Harimau D. Kucing
33. Pernyataan yang lepat tentang tingkatan kelompok makhluk hidup adalah .....
A. Makin ke atas makin sedikit perbedaannya
B. Makin ke bawah makin banyak perbedaannya
C. Makin ke bawah makin banyak persamaannya
D. Makin ke atas makin banyak persamaannya
34. Manakah dari nama-nama pasangan tumbuhan di bawah ini yang paling banyak mempunyai persamaan ciri?
A. Allium cepa dan Allium sativum
B. Allium sativum dan Triticum sativum
C. Citrus nobilis dan Citrullus vulgaris
D. Phaseolus vugaris dan Citrullus vulgaris
35. Urutan takson pada dunai tumbiihan dari yang tertinggi sampai terendah adalah .....
A. Divisio - ordo - klas - genus - species -familia
B. Divisio - klas - ordo - familia - genus -species
C. Divisio - klas - genus - familia - ordo -species
D. Divisio - ordo - klas - familia - genus -species
36. Urutan takson pada hewan dari banyak persamaan-nya sampai sedikit persamaannya adalah .....
A. Phylum - Klas - Ordo - Familia - Genus -Species
B. Phylum - Ordo - Klas - Familia - Genus -Species
C. Species - Genus - Familia - Ordo - Klas - Phylum
D. Species - Genus - Familia - Klas - Ordo -Phylum
37. Banyak persamaan akan ditemukan pada tingkat takson .....
A. Divisio C. Familia
B. Ordo D. Genus
38. Banyaknya perbedaan akan ditemukan pada tingkat takson .....
A. Genus C. Ordo
B. Familia D. Kelas
39. Kunci di kotom adalah pengelompokan makhluk berdasarkan .....
A. tempat hidupnya
B. besar kecilnya tubuh
C. dua ciri yang berlawanan
D. cara hidupnya
40. Cabang biologi yang mempelajari klasifikasi disebut .....
A. morfologi
B. fisiologi
C. anatomi
D. taksonomi
41. Perbedaan yang dimiliki oleh beberapa individu makhluk hidup pada spesies yang sama disebut .....
A. Variasi C. Taksin
B. Evolusi D. Dikotom
42. Faktor pembcda pada variasi di antaranya.....
A. Nama spesies, ukuran, jenis kelamin dan warna
B. Cara reproduksi, cara memperoleh makanan dan cara bernapas
C. Ukuran panjang, ukuran tinggi, jenis kelamin. dan warna
D. Cara adaptasi, cara makan, cara reproduksi dan alat bernapas
43. Berikut ini yang tidak termasuk dalam variasi pada tumbuhan adalah.....
A. Ukuran duun niangga yang berbeda
B. Ukuran besar kecilnya buah pepaya
C. Perbedaan warna pada kacang kapri' .
D. Perbedaan bentuk daun pada jagung dan mangga.
44. Berikut ini yang tidak termasukdalam variasi'pada, hewan.....
A. Perbedaan warna rambut pada 2 ekor kucing
B. Perbedaan bentuk jawer pada.2 ekor ayam
C. Perbedaan gigi pada harimau dari kerbau.
D. Perbedaan jenis kelamin pada 2 ekor harimau
45. Tumbuhan yang hidup di daerah lembab disebut.....
A. Hidrofit C. Xerofit
B. Higrofit D. Epifit
46. Contoh tumbuhan yang tergolong higrofit di antaranya.....
A. Suplir, Paku kawat dan paku ekor kuda,
B. Suplir, teratai dan kangkung
C. Suplir, teratai dan tanduk rusa
D. Tanduk rusa, kangkung dan talas

47. Tumbuhan yang hidup di tempat yang berair di antaranya.....
A. Paku ekor kuda, tanduk rusa dan suplir
B. Tanduk rusa, kangkung dan eceng
C. Kangkung, eceng dan teratai
D. Teratai, lumut dan talas
48. Tumbuhan yang hidup di tempat yang disebut....
A. Xerofit C. Hidrofit
B. Epifit D. Higrofit
49. Tumbuhan yang hidup di tempat yang kering disebut ....
A. Xerofit
B. Epifit
C. Hidrofit
D. Hjgrpfit
50. Tumbuhan yang tergolong xerofit di antaranya ….
A. Kaktus, Beringin dan Mahoni
B. Kaktus, Pisang dan Flamboyan
C. Beringin, Pisang dan Mahoni
D. Flamboyan, talas dan Anggrek
51. Tumbuhan yang hidupnya menempel pada pohon lain tetapi tidak mengambil zat makanan dan tumbuhan yang ditumpanginya disebut.....
A. Xerofit C. Efipit
B. Parasil D. Hidrofit
52. Contoh tumbuhan yang tergolong, epifit di antaranya.....
A. Anggrek C. Kaktus
B. Jamur D. Flamboyan
53. Tumbuhan yang hidup pada sisa-sisa mahluk hidup atau sampah disebut ….
A. Xerofit C. Saprofit
B. Epifit D. Parasit
54. Contoh tumbuhan yang tergolong saprofit di antaranya ….
A. Anggrek C. Benalu
B. Jamur D. Kaktus
55. Mati tumbuhan berikut!
(1) Jagung (4) Rumput
(2) Kacang kedelai (5) Kacang Tanah
(3) Padi (6) Kacang Hijau
Maka tumbuhan yang memiliki banyak persamaannya dengan gandum adalah ….
A. (1)-(2)-(3) C. (2)-(4)-(5)
B. (1)-(3)-(4) D. (2)-(5)-(6)
56. Semakin jauh kekerabatanya, semakin ….
A. Banyak persamaannya
B. Banyak perbedaannya
C. Sedikit perbedaannya
D. Sama bentuknya
57. Semakin tinggi tingkat taksonnya, semakin ….
A. Banyak persamaannya
B. Banyak perbedaannya
C. Sedikit perbedaannya
D. Sama bentuknya
58. Semakin rendah tingkat taksonnya, semakin ….
A. Banyak persamaannya
B. Banyak perbedaannya
C. Sedikit persamaannya
D. Berbeda bentuknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar